Kunjungan Delegasi Mahkamah Agung RI dan Japan International Coorperation Agency (JICA) Pada Pengadilan Negeri Pontianak Kelas 1A

Pontianak, KalBar – Setelah mengadakan Pelatihan Singkat mengenai Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang sudah berlangsung sejak hari Senin, pada Jumat (24/06/2022) Delegasi Mahkamah Agung RI dan juga Delegasi dari Japan International Coorperation Agency (JICA) mengadakan kunjungan di Pengadilan Negeri Pontianak Kelas 1A. Hal tersebut tentu disambut dengan antusias oleh seluruh Aparatur PN Pontianak Kelas 1A. Seluruh Aparatur PN Pontianak Kelas 1A mulai dari Hakim Karir dan Adhoc, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, Pelaksana, serta Honorer sudah menunggu di Ruang Sidang Prof. Dr. Bagir Manan, S.H., M.H., MCL., untuk menyambut kedatangan tamu istimewa tersebut.

Sekitar pukul 08.00 WIB para Delegasi dari Mahkamah Agung RI dan juga JICA sudah hadir di gedung PN Pontianak Kelas 1A. Kedatangan mereka disambut hangat oleh Ketua PN Pontianak Kelas 1A, H. Akhmad Fijiarsyah Joko Sutrisno, S.H., M.H., dan juga Wakil Ketua PN Pontianak Kelas 1A, Sri Harsiwi, S.H., M.H., dengan mengalungkan kain Corak Insang khas Kalimantan Barat. Kemudian, para tamu sekalian berkeliling dan melihat fasilitas – fasilitas pelayanan dan persidangan yang ada di PN Pontianak Kelas 1A mulai dari meja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) hingga di ujung paling belakang gedung di Ruang Tahanan.

Kemudian, mereka memasuki ruang Prof. Dr. Bagir Manan, S.H., M.H., MCL., yang didalamnya sudah dipenuhi Aparatur PN Pontianak Kelas 1A. Ketua PN Pontianak Kelas 1A mengucapkan selamat datang kepada para Delegasi yang hadir, beliau menyampaikan bahwa ini merupakan kesempatan yang sangat istimewa bagi keluarga besar PN Pontianak Kelas 1A karena kedatangan tamu dari Hakim Agung, YM Dr. Rahmi Mulyati, S.H., M.H., beserta jajaran, dan juga dari JICA, Mr. Nobukazu NISHIO, beserta jajaran.

Di kesempatan ini, YM Dr. Rahmi Mulyati, S.H., M.H., menyampaikan kepada seluruh Aparatur PN Pontianak untuk menggali lebih banyak tentang bagaimana sistem peradilan di Jepang agar dijadikan perbandingan dan pengetahuan. Adapun materi tersebut disampaikan langsung oleh Nobukazu NISHIO, beliau menyampaikan bagaimana sistem peradilan di Jepang mulai dari bagaimana awal mula berkarir sebagai Hakim di Jepang, ada berapa peradilan di Jepang, jenjang Karir Hakim di Jepang, dan proses persidangan di Jepang.

Seluruh Aparatur PN Pontianak menyimak dengan sangat antusias penjelasan dari Nobukazu NISHIO, di sesi tanya jawab juga terlihat Aparatur PN Pontianak Kelas 1A terlihat aktif dan penasaran bertanya. Acara diakhiri dengan pembagian plakat dari PN Pontianak Kelas 1A kepada Delegasi Mahkamah Agung RI dan juga kepada Japan International Coorperation Agency (JICA), kemudian dilanjut dengan foto bersama dan ramah tamah.






Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *