Cancel
Login

Marhaban Ya Ramadhan 1440 H

16May

Category Berita
Written by superadmin

Marhaban Ya Ramadhan 1440 H , Keluarga Besar Pengadilan Negeri Pontianak mengadakan buka puasa bersama. acara tersebut diadakan pada Hari Rabu Tanggal  15 Mei 2019, bertempat di Ruang Sidang Candra Pengadilan Negeri Pontianak.  Buka puasa bersama tersebut dihadiri oleh Keluarga Besar Pengadilan Negeri Pontianak . Acara tersebut selain buka bersama juga dimaksudkan untuk lebih mempererat  tali Silaturahmi antar Keluarga Besar Pengadilan Negeri  Pontianak.
Acara tersebut diisi dengan Tausiyah oleh Bapak Drs. Hamdani Sulma dan isi tausiyah tersebut sebagai berikut:

Ramadhan dapat diperoleh melalui penataan jiwa dan raga melalui ibadah puasa. Selain itu, kenikmatan juga melalui ibadah lain seperti membaca Alquran, qiyamul lail, shalat tarawih, dan berinfaq, bersedekah, serta menunaikan zakat. Karena itu, menurut dia, setiap individu harus bersyukur atas kenikmatan di Bulan Ramadhan. "Orang yang ketika dia tidak merasakan datangnya Ramadhan sebagai karunia, maghfiroh, sebagai rahmat dan nikmat dari Allah. Bulan Ramadhan adalah bulan ketaatan, pendekatan diri, kebajikan, kebaikan, sekaligus sebagai bulan pengampunan, rahmat dan keridhaan. Padanya pula tedapat Lailatul Qadar yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Puasa di bulan Ramadhan adalah salah satu dari rukun Islam yang lima. Amalan ini diwajibkan pada tahun kedua Hijriyah, yaitu tahun kedua setelah Nabi Muhammad SAW. hijrah ke Madinah. Hukumnya wajib bagi setiap individu muslim yang mukallaf (baligh dan berakal). Sebagaimana firman Allah SWT.

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (Yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu dia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu), memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." (Q.S. Al-Baqarah: 183-184).

Setelah Tausyah Acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari  Bapak Rendra,S.H.,M.H selaku Ketua Panitia Buka Bersama dan juga disambut Oleh Ketua Pengadilan Negeri Pontianak, Bapak Tumpal Sagala, S.H., M.H Setelah itu dilanjutkan dengan buka bersama dan shalat maghrib bersama.
 
Setelah shalat maghrib dilanjutkan untuk makan malam bersama

 

Comments

There are no comments

Post a comment